Rabu, 24 Juni 2015

Lumajang Banana City




Lumajang adalah kota kecil di jawa timur. Tepatnya jawa timur sebelah selatan.. Secara spesifik berdasarkan letak geografis  di sebelah barat  Lumajang berbatasan dengan kota Malang, di sebelah timur berbatasan dengan kotaJember dan di sebelah utara berbatasan langsung dengan kota Probolonggo.
Meskipun kota lumajang  tidak sebesar kota – kota yang lain, lumajang tergolong ke dalam kota yang bersih. Terbukti dengan adanya beberapa penghargaan adipura yang telah tinggal di kota Lumajang ini. Lumajang adalah kota ATIB BERSERI (AMAN, TERTIB, BERSIH, SEHAT, RAPI, DAN INDAH).
Mengapa Lumajang dijuluki dengan “ Banana City” (kota pisang) karena Luamajang merupakan kota penghasil pisang terbesar di Jatim. Pisang yang  paling terkenal dari kota Lumajang adalah pisang agung dan pisang mas kirana. Itulah alas an mengapa Lumajang dmendapat julukan sebagai kota pisang. Selain sebagai kota pengahsil pisang terbesar di Jatim, Lumajang juga merupakan produsen terbesar pembuat kripik pisang agung. Siapa yang tidak mengenal kripik pisang agung lumajang ?? untuk mendapatkan kripik pisang ini sangatlah mudah karena banyak sekali sentral – sentral pengolahan kripik pisang yang satu ini di Lumajang.

Pisang Agung

Pisang Mas Kirana



Kripik Pisang Agung





































Selain terkenal sebagai kota pisang Kabupaten Lumajang juga memiliki berbagai macam obyek wisata dengan panorama alam yang memukau dan masih alami
Berikut merupakan obyek wisata yang terdapat di Lumajang :  

Pura Mandaragiri Semeru Agung (mandaragiri semeru agung temple)

Lokasi :  Desa Senduro
Pura ini merupakan pura yang paling dituakan oleh masyarakat Hindu. Orang hindu mengatakan bahwa pura ini ibaratnya adalah kiblatnya orang hindu. Hampir setiap waktuada saja rombongan  masyarakat Bali yang berdoa di pura ini, apalagi saat hari hari besar umat hindu. Puncaknya saat ulang tahun Pura, ribuan Masyarakat Bali membanjiri kawasan ini untuk berdoa dan menampilkan kesenian-kesenian Bali.


Kebun Teh Kertowono (kertowono tea garden)
Lokasi :  Desa Gucialit
Agro wisata Perkebunan Teh Kertowono terletak di desa / kecamatan Gucialit.disana terdapat  hamparan kebun Teh yang sangat luas, dan menariknyaada Pabrik Teh peninggalan Belanda yang masih beroperasi dengan baik sehingga menambah keindahan obyek wisata ini.


Ranu Kumbolo (kumbolo lake)
Lokasi :  Desa Ranu Pane
Ranu kumbolo merupakan bagian dari segitiga ranu yang dimiliki oleh Kota Lumajang. Para pendaki yang akan ke puncak Semeru pasti melewati 3 danau ini. 2 Danau yaitu Ranu Pane dan Ranu Regulo terletak di desa Ranu Pane lereng bawah dan merupakan awal pendakian, sedang Ranu Kumbolo terletak di lereng atas setelah menem[uh perjalanan dari ranu pani dan ranu regulo. Ranu kumbolo ini biasanya digunakan para pendaki untuk beristirahat sebelum menuju puncak mahameru.


Gunung Semeru
Lokasi :  Senduro
Puncak Mahameru mempunyai ketinggian 3.676 m diatas permukaan laut dengan kawah Jonggring Saloko dipuncaknya, Merupakan  obyek wisata bagi penghobi pendaki dengan kondisi alam yang menantang. Di Puncak Mahameru pada hari besar nasional atau setiap tanggal 17 Agustus dan biasanya dijadikan tempet upacara oleh para pendaki dari berbagai penjuru nusantara didunia sambil menikmati panorama matahari terbit dan panorama matahari tenggelam dari puncak gunung tertinggi di pulau Jawa ini.

B29 negeri di atas awan
Letak : Desa Argosari - Senduro
B29 artinya Bukit dengan ketinggian 2900 mdpl. Di sini kita bisa menikmati pemandangan gunung bromo dan gunung semeru dari sisi yang berbeda.  Banyak traveler menyebut B29 adalah negeri di atas awan. Mengapa disebut sebagai negeri di atas awan ? karena ketika pagi hari saat matahari terbit dan kita berdiri dibukit ini posisi kita memang sejajar dengan awan jadi serasa berdiri diatas awan.

Coban Sewu
Letak : Desa Sidomulyo - Pronojiwo
Coba Sewu ? mungkin nama tempat wisata ini masih asing untuk didengarkan Karena coban sewu ini tergolong tempat wisata baru kota Lumajang. Coban Sewu atau bisa disebut Air Terjun Tumpak Sewu. Mengapa dinamakan dengan coban sewu karena air terjun ini sangat banyak jumlahnya di sepanjang tebing. Ada yang mengatakan bahwa air terjun coban sewu ini merupakan air terjun Niagara mini.
 

Kesenian Khas Lumajang 

Jaran Kencak



















Tari Topeng Kaliwungu










Tidak ada komentar:

Posting Komentar