Rabu, 24 Juni 2015

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI DI ERA GLOBALISASI






Perkembangan teknologi dan informasi sangan berpengaruh penting di era globalisasi. Di era globalisasi persaingan diantara masyarakat sangatlah besar tentunya persaingan global, oleh karena itu sangat diperlukan pemahaman yang cukup mengenai teknologi dan informasi.

Peran terbesar yang dirasakan dalam perkembangan teknologi dan informasi yaitu dalam dunia pendidikan, mengapa demikian ? karena dunia pendidikan merupakan sebuah sarana yang didalamnya memberikan pengertian dan pengetahuan kepada seseorang / siswa dari tidak tahu menjadi tahu. Sudah banyak di sekolah – sekolah diterapkan dan dikembangkan program pengajaran berbasis teknolgi dan informasi. Salah satu tujuan mendasar mengapa di sekolah – sekolah diterapkan system pembelajaran seperti ini karena diharapkan dengan adanya pembelajaran seperti ini kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan, karena disini siswa dituntuk untuk berperan aktif dalam pelajaran.

Teknologi dan informasi (TI) sangat erat hubungannya dengan multimedia yang digunakan sebagai media yang membantu dalam pengerjaan sesuatu. Jadi teknologi dan informasi yang berbasis multimedia dapat memfasilitasi seseorang dalam menjalankan tugasnya. Misalnya guru dapat terfasilitasi kerjanya dengan menggunakan computer sebagai media dalam menyelesaikan tugasnya.


Dunia pendidikan khususnya sekolah – sekolah mengemban tanggung jawab yang besar dalam menghadapi era globalisasi, hal ini dikarenankan era globalisasi yang sangat erat hubungannya dengan teknologi dan informasi menuntut sekolah untuk menyiapkan para siswanya dalam menghadapi dunia luar yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Dalam hal ini dibutuhkan beberapa kemampuan penting salah satunya adalah cara berbahasa terlebih berbahsa asing, mengapa berbahasa memiliki pengaruh yang penting? Karena dengan berbahasa, dimana kita langsung berhubungan dengan masyarakat dunia luar tentunya kita akan berkomunikasi dengan masnyarakat dan dengan komunikasi tersebut kita akan mendapatkan sebuah informasi. Selain mendapatkan informasi pastinya kita harus memiliki wadah untuk menampung atau bahkan mengembangkan informasi tersebut, naah wadah yang dimaksudkan dalam hal ini adalah teknologi, di era globalisasi ini tentunya teknologi berkembang daengan pesat. Computer atau laptop merupakan sebuah sarana teknologi di era ini yang sangat banyak dan hampir digunakan oleh seluruh masyarakat di penjuru dunia sebagai wadah dan sarana untuk mengembangkan sebuah informasi.


Terima kasiiihh.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar