Rabu, 24 Juni 2015

Membuat Indonesia Menjadi Lebih Baik


Mengaku sebagai anak Indonesia ?? pastinya ingin kan negara kita ini menjadi negara yang baik dan mampu bersaing di dunia internasional. Naahh maka dari itu kita sebagai anak Indonesia pastilah menjadi generasi pembangun dan penerus  bangsa. 

Berbicara mengenai persaingan dunia internasional,  agar Indonesia mampu bersaing dalam dunia internasional maka dibutuhkan bibit – bibit unggulan  yang berpotensi dengan kata lain Indonesia membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang benar – benar berkualitas. Sekarang yang menjadi pokok bahasan terpenting dalam hal ini adalah bagaimana cara mengupayakan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Indonesia menjadi berpotensi dan berkualitas yang mampu bersaing dengan dunia luar.

Salah satu sarana yang dapat dikembangkan dan mampu meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia dapat dilakukan melalui dunia pendidikan. Mengapa harus melalui dunia pendidikan ?, karena pada dasarnya pendidikan merupakan salah satu hal paling penting dan merupakan bekal utama untuk manusia dapat berkembang. Dengan dididik seseorang yang awalnya tidak mengerti dapat menjadi mengerti dan pastinya akan membuat orang menjadi lebih baik dari sebelumya asalkan orang tersebuat memiliki kesadaran penuh bahwa dengan mendapatkan sebuah pendidikan orang tersebuat akan menajdi lebih baik lagi.

Selama ini kebanyakan yang ada dibenak masyarakat Indonesia bahwa pendidikan yang paling utama adalah pendidikan formal. Memang benar seperti itu, pendidkan formal merupakan sebuah pendidikan yang terikan dalam lembaga belajar jadi mau tidak mau seseorang harus menempuh jenjang pendidikan formal dengan tujuan agar memiliki sebuah kesetaraan dalam lingkup masyarakat. Karena pada dasarnya tujuan dari pendidikan formal adalah untuk penyetaraan tingkat pendidikan.

Namun, yang tidak kalah pentingnya lagi adalah pendidikan non formal, dimana pendidikan ini bisa di bilang memiliki efek yang cukup besar dalam kehidupan. Pendidikan non formal bisa kita jumpai dimana pun kita berada, karena pada dasarnya pendidikan non formal itu tidak terikat. Namun lebih gampangnya untuk memperjelas dimana sih kita dapat menjumpai pendidikan non formal itu? Kita ambil saja contohnya dilingkungan keluarga, pastinya didalam sebuah keluarga orang tua mengajarkan kepada anak – anaknya untuk saling menghormati dan membantu sesame anggota keluarga dan lebih dari itu, hal itu bisa juga kita terapkan di lingkup yang lebih luas lagi misalkan di lingkup sekolah atau pun masyarakat.

Jadi baik itu pendidikan format maupun non formal keduanya sama –sama memiliki peran yang cukup penting dalam membentuk pola pemikiran seseorang.



Ada sebuah tulisan yang mengatakan bahwa “kualitas sebuah bangsa bergantung pada kualitas penyelenggaraan pendidikannya. Jika penyelenggaraan pendidikannya baik, maka bisa dipastikan kalau kualitas SDM bangsa tersebut akan baik. Begitu pula sebaliknya.”


Jadi dalam hal ini pendidikanlah yang menjadi  kunci sekaligus pusat perhatian untuk masyarakat Indonesia dan utamnya untuk pemerintah. Karena pendidikan merupakan landasan terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu membentuk Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar